PERHATIAN

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 11 Februari 2014

TUJUAN POKOK SISTEM COMPUTER


TUJUAN POKOK SISTEM KOMPUTER
Adalah untuk mengolah data untuk menghasilkan informasi , sehingga perlu di dukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari :

a.      Perangkat keras ( HARDWARE ) :  Adalah perangkat computer itu sendiri.
b.      Perangkat lunak ( software ) : Adalah program yang berisi printah-printah untuk melakukan printah-printah tertentu , perangkat lunak di bagi dua bagian yaitu :
-          System operasi
-          System aplikasi
c.       Brainware : Adalah manusia yang mengatur dan mengoprasikan system operasi dan system computer.

PENGERTIAN DATA DAN INFORMASI
a.      Data : Adalah bahan mentah yang belum di olah/belum jadi dan belum bisa di tentukan kebenaran nya.
b.      Informasi : Adalah bahan yang sudah di olah/sudah jadi dan sudah bisa di tentukan kebenaran nya
STRUKTUR KOMPUTER
Struktur computer terdiri dari :
1.Input device
                Adalah perangkat keras yang berpungsi sebagai alat yang memasukan data atau perintah kedalam computer , dan alat yang di gunakan untuk menerima input dari luar system.
Contoh ny :
a.       Keyboard
b.      Pointing device ( Mouse , Touch screen , light pad , digitizer grafik tablet )
c.       Scanner ( Magnetic ink recognition , Optical data rader , optical caracter recognition rader )
d.      Sensor ( Digitizing camera )
e.      Voice recognition
2. Output device
                Adalah perangkat keras komputer yang berpungsi menampilkan pengeluaran sebagai hasil pengolahan data , alat pengeluaran dapat berupa :
a.       Hardcopy ( Di cetak kekertas )
Contoh ny :
Printer.
b.      Softcofy ( Ke Monitor )
Contoh ny :
Scanner , proyektor.
3. i/o ports ( input output )
                Bagian ini digunakan untuk menerima atau pun mengirim data keluar , i/o ports di sebut juga sebagai interface.
4. CPU
                Adalah system yang mempunyai  dua pungsi system operasional  yaitu :
a.       ALU ( Aritmatic Logical Unit )
Digunakan untuk hitung-hitungan (Menghitung ).
b.      CU (Control Unit )
Di gunakan untuk mengontrol dan mengendalikan /mengecek CPU.
5. Memory
                Ada dua sifat memory yaitu :
a.       Folatil : hardisk , flasdisk.
b.      Non Folatil : RAM
1.RAM : Semua data dan program yang di lakukan melalui alat input akan di simpan terlebih dahulu di memory utama khususnya RAM , yang dapat di akses secara acak ( dapat di isi / di tulis , di ambil , atau di apus isinya )
Contoh nya :
-input storage
-program storage
-working storage
-output storage
2.ROM : (Read Only Memory )
Hanya dapat dapat di baca sehingga pemogram tidak bisa mengisi sesuatu dalam arti lain ROM sudah di isi pada pabrik penggunanya berupa system operasi yang terdiri dari program-program pokok yang di perlukan oleh system computer seperti untuk mengatur penampilan karakter di layar , pengisian tombol kunci , papan ketik , dan program bootstrap.

PENGERTIAN BOOTSTRAP
Bootstrap  : adalah Boot atau booting.
Dalam perangkat keras berarti proses mengaktifkan komputer sampai diambil alih oleh sistem operasi. Proses boot ini dikenal dengan dua cara, yaitu warm boot dan cold boot.Warm boot, berarti mengaktifkan kembali, tanpa harus dimatikan terlebih dahulu, misalnya dengan menekan tombol reset, atau memencet sekaligus tombol CTRL+ALT+DEL pada sistem operasi Disk Operating System (DOS).
Bootstrap di bedakan menjadi :

Bootstrap loader  : adalah sebuah program yang cukup sederhana untuk dipanggil secara manual dengan pertolongan sakelar. Program ini mampu memanggil program pemanggil lain yang lebih kompleks sehingga dapat menjalankan program buatan sendiri.

Bootstrapping : adalah pemuatan dan execution program bootstrap loader.Bootstrap ButtonAdalah tombol atau sakelar yang pertama kali akan ditekan apabila hendak menyalakan komputer. Penekanan tombol ini akan menyebabkan sistem operasi berhubungan dengan memori.

Bootstrap program :  adalah kode yang disimpan di code ROM yang dapat menempatkan kernel, memasukkannya kedalam memori, dan memulai eksekusinya.
6. DATA BUS
                Data jalur-jalur perpindahan modul dalam system computer. Karena padasuatu saat tertentu masing-masing  saluran hanya dapat membawa  1 bit data, maka  jumlah saluran menentukan  jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lembar data bus ini menentukan kinerja system secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional , artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32 , atau 64 jalur parallel.
7. Address Bus
                Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data.Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan di tulis atau di baca Address bus biasanya terdiri atas 16,20, 24, atau 32 jalur paralel.
8. Control Bus
                Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur parallel.

PENGERTIAN GUI DAN CLI
GUI (Graphical User Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis agar mempermudah para pengguna-nya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi/ sistem operasi yang menggunakan gambar,lambang,icon yang membuat penggunanya lebih mudah.

CLI (Command Line Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu baris perintah atau text atau ketikkan dari keyboard untuk berinteraksi denga sistem operasi atau komputer tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar